Pierre Omidyar – Sang Pendiri Raksasa E-Commerce Ebay

By Mirza M. Haekal on March 31st, 2019 6:41 PM in Blog



Setelah menyelesaikan studi di bidang Ilmu Komputer di Universitas Tufts pada tahun 1988 dan meraih gelar B.S (Bachelor of Science), ia bergabung dengan anak perusahaan Apple Computer bernama Claris sebagai consumer software engineer.

Berjalan sekitar tiga tahun, Omidyar pun keluar dan mendirikan Inc. Development Corporation bernama eShop di tahun 1994. Saat itu, eShop adalah pimpinan teknologi perangkat lunak perdagangan berbasis internet hingga akhirnya diakuisisi Microsoft di tahun 1996.

Karir cemerlang Omidyar di dunia programming justru berawal ketika ia memasuki usia 28 tahun. Selama liburan panjang di akhir pekan, Omidyar menulis kode komputer unik yang akhirnya menjadi situs lelang eBay.

Saat itu eBay hanyalah project iseng Omidyar untuk membantu teman dekatnya mendapatkan pembeli dari produk yang dijualnya. Namun tanpa diduga, eBay menjadi ladang bisnis menjanjikan bagi Omidyar. Bahkan peluncuruan bisnis eBay sebagai uji coba bisnis internet, justru menjadi awal keberuntungan Omidyar sehingga situs lelang internet itu semakin populer saja.

Kata ‘eBay’ sendiri menjadi nama yang diusung Omidyar meskipun awalnya ia mengatakan bahwa pilihan pertamanya untuk situs web-nya adalah ‘Echobay’, namun telah terdaftar. Awalnya, layanan ini gratis pada, tetapi mulai berbayar untuk menutupi biaya penyedia layanan internet yang semakin besar.

Keberuntungan Omidyar semakin berpihak padanya, karena eBay akhirnya mendarat di bursa saham dan membuat Omidyar menjadi miliarder paling muda saat itu dengan usia 31 tahun! Wow! Bahkan, saat ini Omidyar masih masuk ke daftar orang terkaya AS dengan jumlah harta US$7,5 miliar atau saat ini setara dengan Rp107 triliun.

Oh ya, dibalik kesuksesannya ini, ternyata Omidyar sendiri adalah sosok pemalu, sederhana, dan jarang disorot media, lho. Baginya, ia lebih memilih bekerja ‘di balik layar’.

Pada tahun 1996 Jeffrey Skoll bergabung dengan perusahaannya, lalu disusul oleh Meg Whitman yang masuk sebagai Presiden dan CEO sejak tahun 1998 hingga 2008. Whitman yang kini menjabat sebagai CEO Hewlett Packard, dulu dinilai Omidyar telaten dan mampu membawa eBay ke puncak kesuksesan saat itu.

Salah satu kunci utama Omidyar mempertahankan bisnisnya adalah memegang teguh prinsip inovasi, karena menurutnya, apalah arti bisnis tanpa inovasi. Selain itu, dalam mengelola eBay, Omidyar tak pernah lepas dari nilai-nilai baik. Ia percaya bahwa pada dasarnya manusia itu baik. Ia percaya bahwa setiap orang memiliki keunggulan yang bisa diberikan kepada orang lain.

Salah satu cita-citanya adalah penjual dan pembeli yang ada bersama-sama membentuk sebuah dunia perdagangan online yang berkesinambungan, dan hal ini pun berhasil terjadi pada eBay saat ini. Kini, perusahaan tersebut kabarnya siap mengekspansi pasar Indonesia di mana telah membuka lowongan pekerjaan yang akan ditempatkan di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *