Hindari Hal Ini Agar Bisnis Sampingan Anda Tak Gagal

By Mirza M. Haekal on March 31st, 2019 6:45 PM in Blog



Walaupun hanya sebatas bisnis sampingan, namun bisnis tetaplah bisnis. Bisnis dengan skala kecil juga punya risiko untuk gagal hampir sama besarnya dengan bisnis yang sudah dijalankan bertahun-tahun. Lalu, apa yang menyebabkan bisnis sampingan bisa gagal? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, berukut adalah beberapa kesalahan dalam menjalankan bisnis sampingan.

  1. Prioritas yang Salah

Bisnis sampingan memang dari namanya sudah bukan prioritas ataupun pekerjaan utama. Namun, jika pelaku usaha masih mempertahankan pekerjaan penuh waktunya sembari mengembangkan bisnis sampingan, maka harus ekstra hari-hati.

Kenapa? Karena banyak kegagalan yang terjadi pada bisnis sampingan ini akibat keinginan untuk cepat sukses, sehingga porsinya dalam melakukan usaha sampingan bisa menjadi sama besar—atau bahkan, lebih besar dari pekerjaan penuh waktunya.

Kadang memaksakan diri juga untuk mengambil banyak pesanan dalam bisnis sampingan dan lupa bahwa ia masih merupakan karyawan dari kantornya. Hal tersebut bisa mengakibatkan untuk hilang fokus dan tak menjadi maksimal dalam pengerjaan pesanan tersebut, sehingga keteteran dan akan muncul banyak komplain dari pelanggan.

Maka dari itu, lebih baik jika pemilik usaha tak terlalu terpaku pada pengembangan bisnis sampingan atau dengan kata lain, sesuaikanlah tingkat bisnis sampingan tersebut dengan kemampuan Anda saat itu.

  1. Kebutuhan yang Salah

Saat memulai bisnis sampingan, tanpa sadar sang pemilik usaha terpaku pada hal yang tak begitu penting. Sering mereka salah dalam menentukan kebutuhan layaknya sudah mempunyai bisnis yang besar. Seperti, menciptakan logo bisnis, membuat kartu nama, membeli perangkat lunak yang mahal untuk pembukuan dan lain sebagainya.

Memang, semua hal di atas penting untuk sebuah bisnis, namun bisnis sampingan kecil yang baru berjalan belum memerlukan hal-hal seperti itu. Sebaiknya, Anda lebih fokus pada marketing, pasokan bahan baku atau material, perizian dan sebagainya.

  1. Pola Pikir Keliru

Pola pikir atau mindset yang keliru sudah banyak membuat bisnis gagal, tak terkecuali dalam bisnis sampingan. Salah satu contoh pola pikir yang keliru adalah menganggap bahwa apapun yang dijual pasti akan ada yang beli.

Pola pikir yang keliru bisa berupa juga menganggap enteng aspek marketing dan pengembangan produk yang baik, sehingga cenderung sembrono dalam hal mengeluarkan uang untuk aspek-aspek bisnis yang kurang penting di awal pembukaan.

  1. Rencana yang Tak Matang

Tak peduli sekecil apapun bisnisnya, sebuah bisnis tetap saja membutuhkan suatu perencanaan. Rencana bisnis bisa saja meliputi rencana sederhana tanpa terlalu banyak rincian, seperti membuat rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang, seperti visi dan misi bisnis sampingan Anda, daftar kontak jaringan potensial dan lain sebagainya.

Perencanaan ini penting untuk dilakukan karena akan membantu pemilik usaha ketika akan mengembangkan bisnis. Perencanaan yang baik di awal-awal, akan sangat membantu dalam mengembangkan usahanya di kemudian hari karena tak perlu menyusun lagi dari awal bisnis yang terlanjur jauh.

  1. Tak Bisa Membangun Jaringan

Salah satu kekuatan bisnis itu terdapat pada jaringannya. Jaringan sendiri bisa berupa pelanggan, saudara, teman dan sebagainya. Cara membentuk dan membina jaringan adalah dengan banyak silaturahmi bisnis. Seperti, sering datang ke acara atau pertemuan untuk menambah kenalan baru yang bisa jadi jaringan bisnis Anda.

Banyak pelaku usaha yang mungkin malu, ragu ataupun malas untuk membuka jaringannya dengan alasan bahwa bisnisnya baru dibuat. Hal ini tentu saja salah, karena cepat atau lambat, jika pemilik bisnis malas membangun jaringan, maka hampir bisa dipastikan kalau usahanya akan kalah bersaing dengan usaha lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *