UKM Akan Ikut Berkembang Karena Garut Jadi Tujuan Wisata

By Mirza M. Haekal on March 2nd, 2019 11:05 AM in Blog



Pemerintah mengarahkan Garut sebagai salah satu tujuan pariwisata yang unggulan di Indonesia. Hal ini sendiri diharapkan nanti bisa berdampak pada sektor Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Sekarang Garut diarahkan ke sektor pariwisata. Kesiapan masyarakatnya sudah oke. Kalau wisata berkembang, maka otomatis UKM juga akan ikut berkembang,” kata Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Hal ini juga senada dengan laporan pada tahun 2017 lalu. Di mana, sepanjang tahun 2017 omzet UMKM Garut mencapai Rp1,79 triliun naik dari omzet tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 1,56 triliun.

Berdasarkan catatan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, pada tahun 2018 lalu jumlah UMKM di kabupaten tersebut tercatat sebanyak 53.431 unit. Sekitar 97 persen diantaranya adalah pelaku usaha mikro dan menyerap sebanyak 374.017 orang tenaga kerja.

Ia menyampaikan bahwa semua sektor UKM di Garut harus bersiap diri memanfaatkan peluang usaha di tengah kemajuan pariwisata nanti.

Beliau sendiri optimis bahwa UKM masyarakat Garut akan berkembang seiring majunya pariwisata di Garut. Dengan berkembangnya pariwisata, menurutnya, maka pelaku UKM akan mudah memasarkan produknya.

Ia menambahkan juga kalau dampak positif yang lain adalah akan mengurangi angka pengangguran karena UKM yang maju tentu akan membuka lowongan pekerjaan. “Nantinya bisa pemetaan masyarakat, tingkat pekerjaan meningkat, pengangguran menurun,” ujarnya.

Untuk mendukung kemajuan dari UKM, Beliau juga telah menyiapkan program sertifikat halal bagi produk UKM. Sertifikat halal ini sendiri diharapkan bisa menjadikan produk UKM untuk lebih diminati masyarakat.

“Di Indonesia sendiri sudah ribuan jumlahnya sertifikat halal. Jadi, kami sudah siapkan programnya,” tutup Beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *